Jumat, 02 Juli 2010

Ketika TATA ngambeg, sholat ga' mau pake rukuh...

Tadi malem, ibunya bingung :
'Ayah ni loo Tata sholat kok ga' mau pake Rukuh'
Wallah kenapa lagi tuh anak ?.

Ibunya udah bingung ngeliat ke kokohan dia tetap ga' mau pake Rukuh. Tata kulihat begitu acak adul mukanya ada kesel, ngambeg dan udah mulai mo' nangis.

Lantas aku samperin dia, dan kutanya :
"...kenapa ade ga mau pake Rukuh ?..."

jawab dia : "... ga' papa...., ga' mau aja !..."

"..loo...itu keliru, putri itu saat sholat musti pake mukena...", jawabku.


Dia masih diam dengan sorot mata penuh ke diriku.
Lantas tanya lagi : "...kenapa musti begitu...?, kok Mas Nugi engga Ayah..."

Jawabku : "...ya bedalah de...., Tata khan perempuan, sedang Mas Nugi khan laki-laki, dalah hal pakaian sholat antara laki-laki dan perempuan harus beda, karena ketentuannya begitu..."

Lantas aku peluk dia dan kuceritakan asal usul tentang aturan pakaian sholat padanya, kusampaikan padanya : " Tata, kita mengenal sholat dari Rasulullah saw sebagai Nabi dan Rasul kita, beliau sampaikan itu bahwa ada ketentuan aturan sholat antara laki-laki dan perempuan. Rasulullah saw sendiri dapatkan ketentuan itu juga langsung dari Allah, bahwa ketentuannya adalah beda dalam pakaiannya, tapi cara sholatnya sama, gerakannya sama, bacaannya juga sama... begitu ya De..."

Dengan mata masih mau nangis, dia tanya lagi :
"...memangnya aturan itu apa sih Ayah ? "

Jujur aku bingung jelaskan itu, lantas kujawab : apa ya Ade, gini.....aturan itu adalah sesuatu yang harus kita jalani, misal Tata mau nyebrang jalan, khan musti tengok kanan dan kiri, terus kalo mau maem....musti pake tangan kanan, kalo mau sekolah musti mandi dulu dan pake baju seragam sekolah, emangnya Tata boleh sekolah pake baju main... ??? ga' boleh khan ..."

Akhirnya dia faham dan mengerti, alhamdulillah nyampe juga pemahaman itu.

Kemudian dia bilang : " Tapi ... Ayah, temenin Tata Sholat Isya ya....juga bantu bacakan baca'an sholatnya, Tata belum hafal..."

"...iya..", jawabku.

Akhirnya aku temenin dia, sekaligus jadi 'tutor' untuk bacakan satu demi satu sesuai ketentuan Rasulullah saw.

Selesai itu aku jadi mikir, apalagi ya... yang akan mereka tanyakan, jelas aku dan ibunya musti siap-siap jawab dan pastinya kondisi dan pertanyaannya akan berbeda, lebih ruwet lebih njlimet.

Kepada temen-temen blogger yang punya permasalahan tentang 'penyampaian ketidak tahuan anak' aku pengen banget bisa share.
makasih sebelumnya.



Salam - Satrio

29 komentar:

  1. belum punya anak >.<
    pertanyaan anak kecil kadang sederhana tapi njawabnya yg harus diatur.. ^^

    BalasHapus
  2. :D

    hehheee... fortunately, di jelasin dengan jelas, dan tatanya juga ngerti.. alhamdulillah :D

    BalasHapus
  3. semoga ini bisa menjadi pembelajaran mu ya Inge.... yag gitulah, mereka, anak-anakku
    makasih udah mampir dan kasih komen.

    BalasHapus
  4. @Elok :
    he.he.he....begitu dia jelas dan mau sholat, malah cengar cengir ma kita de....ih dasar tata
    makasih ya udah mo mampir dan komen disini.
    salam - satrio

    BalasHapus
  5. Ya ampun.. "Aturan itu apa?"
    Kadang-kadang saya bingung juga jawab pertanyaan sesepele itu..

    Kalau saya mungkin cuma mentok di jawaban, "Perempuan mesti solat pake rukuk coz Tuhan maunya begitu."
    Tapi nanti anaknya nanya, "Kenapa Tuhan minta perempuan pake rukuk, tapi laki-laki nggak usah..?"
    Pusing..

    BalasHapus
  6. @Vicky :
    saat baca komentarmu, hi hi hi...lucu banget....ya gitulah anak anak, aku juga baru nyadar kalo pertanyaannya kadang sulit untuk disampaikan, khususnya penyampaian sesuai dengan bahasa dan kemampuan dirinya de.....

    Tolong sampaikan pada dia, kenapa perempuan pake ruku' intinya begini : karena putri itu terlahir dengan kodrat harus banyak tutupi aurotnya gitu..... (inget, sesuaikan dengan gaya bahasa dia, pusing ya)

    BalasHapus
  7. Icha anakku lucunya sholat pake kopiah dan sarung ala Ayahnya. Makanya kalo Icha sholat udah aku sediain mukena dan didudukin disebelah aku so dia liat mamanya pake pakaian yang sama dengannya kalo sholat. Lucunya Icha ditengah-tengah sholat di malah ngumpet dimukena mamanya gimana mau gerak coba? dasar anak-anak

    BalasHapus
  8. Memang anak-anak, sayapun terkadang dibikin panik dengan ulahnya, tapi alhamdulillah dengan sedikit ilmu dan seringnya membaca tentang ilmu parenting untuk anak2, pertanyaan dan ulah mereka dapat teratasi.

    BalasHapus
  9. @ Ladyonthemirror :
    Makasih ya Rina,,, dah mau mampir ke blog ini
    coba kalo icha sama tata di kumpulin sholatnya, seru kaliiii...

    bakalan ga sholat aja mereka berdua he.he.he...

    BalasHapus
  10. @ To Mbak Latifah
    Makasih dah mo komen, ya gitu dah anak-anak, aku belum secanggih dirimu dalam mendidik anak mbak.

    salam buat orang rumah ya

    BalasHapus
  11. salam sobat
    Tata anak cantik dan cerdas.
    ngga pakai rukuh kalau sholat tidak apa2 kok mas,
    pakai jilbab, baju muslim dan kaos kaki cukup,
    seperti di kota Aljubail S.A sana.

    BalasHapus
  12. @to : Mbak Nur
    ooh...gitu ya...dengan prinsip tertutup gitu ya
    he.he..he...katrok banget aku

    gimana khabar dirimu juga anak-anak, udah sampai belum mereka di Jogya ?

    BalasHapus
  13. saya juga mantan guru SD. mereka memang berada pada masa kritis bgt utk nanya ini itu.. kalo kita salah jawab, bisa mereka inget sampe gede loh. jadi harus hati2.

    kunjungan balik dan salam kenal..

    BalasHapus
  14. @ Muetia :
    oh jadi gitu ya mbak, makasih infonya
    juga terimakasih dah mo mampir ke blog ku ini
    salam buat keluarga

    Satrio

    BalasHapus
  15. Meski saya bukan muslim pak, tapi kadang saya juga suka bertanya2 kenapa ya musti banyak aturan ketika beribadah,,.
    hahaha..sampe sekarang sih pertanyaan itu benernya

    oh ya, thanks atas komen di speedy writing contestnya ya Pak
    belum ada pengumuman..Bulan Juli sih, tapi gak tw tanggal berapa..

    do'akan menang ya pak..heheh

    BalasHapus
  16. assalamualaikum mas satrio....

    saya datang berkunjung,membaca postingan ini saya tersenyum,betapa pintar2nya buah hati mas satrio dan istri ^^

    saya juga ingin berterima kasih untuk doa dan suportnya kepada saya kemarin.
    sungguh sangat berarti....
    ternyata kekuatan tulisan sangat luar biasa ya,dukungan,doa dan suport dari teman 2 bloger,apalagi dari mas satrio begitu mengalir di hati saya. seolah smua hadir untuk mendukung saya...

    padahal kita tidak bertemu muka atau saling bicara.

    terima kasih mas,...
    efek obat sdh tidak saya rasakan lagi saat ini,meskipun perut saya masih sedikit tidak nyaman bila dimasukin makanan.
    tapi saya juga enggan bila terus menerus makan bubur hehe...

    salam untuk keluarag ya mas,...salam kasih dari senja ^^

    BalasHapus
  17. @Itik Bali :
    Bali mengingatkanku akan temen2 ku yang banyak itu saat di udayana dulu.

    jujur bali juga telah mewarnai sebagian hidupku

    Ttg aturan ibadah, norma untuk itu kadang ga bisa kita nalar, tapi namanya ibadah ya harus kita ikuti de, terlebih saat bertemu kepada sang Widhi

    BalasHapus
  18. @Itik Bali :
    Bali mengingatkanku akan temen2 ku yang banyak itu saat di udayana dulu.

    jujur bali juga telah mewarnai sebagian hidupku

    Ttg aturan ibadah, norma untuk itu kadang ga bisa kita nalar, tapi namanya ibadah ya harus kita ikuti de, terlebih saat bertemu kepada sang Widhi

    BalasHapus
  19. @Irma (Senja):
    Berterimakasilah sama Allah jangan sama aku ya de... itu semua adalah karunia buatmu dari DIA, aku saja juga sangat bersyukur masih bisa diijinkan bisa send command / posting ke dirimu, tanpa ijin dari ALLAH 'tulisan dan doa' itu ga bakal sampai ke dirimu.

    Semoga kau cepat sembuh, tapi maemmu untuk sementara harus memang bubur, teruslah sabar dan berusaha untuk sembuh.

    Tadi di sholat jum'at pun akujuga terus berdoa buatmu dan secara ghoib aku juga diingatkan oleh NYA atau utusan malaikat untuk ingatkan dirimu agar terus rukhyah dengan air zam zam dengan dikemas bacaaan asamaul 'husna itu ditambah dengan doa ismaul azham...., aku ga bisa terangkan disini, karena ini salah satu urusan ghoib.

    salam hormat untuk keluargamu ya de... juga khusus buatmu
    moga cepet sembuh, diangkat sakitmu tanpa rasa sakit, dan dimudahkan seluruh urusan hidupmu,amin

    Salam - Satrio

    BalasHapus
  20. kunjungan sore setelah sekian lama vacum,^^

    hahahhaa...
    aku jadi ingat sepupuku dulu waktu kecil, dia gak mau pake seragam rok waktu sd dulu, dia maunya pake celana, sholatpun minta pake peci, tingkah anak kecil mang kadang bikin gemesss...
    salam kenal ya buat tata..

    BalasHapus
  21. @naila :
    makasih dah mo mampir ketempatku, ya gitu tata emang aneh kada dimata kita

    Apa kesibukanmu sekarang ?

    BalasHapus
  22. bukan aneh ams, tapi anak kecil yang unik.
    kesibukanku???

    yah, nyelesaiin skripsi yang gak tau ujung pangkalnya, hehehe..
    freelance amatir juga sih,^^

    BalasHapus
  23. @ Naila :
    he.he.he harus kelar ya de,,,yang seriuslah ngubek-ubek skripsimu biar cepet kelar, kayak seriusmu kalo lagi pacaran itu lo de,,

    he.he.he.--salam.

    BalasHapus
  24. Hehehe...

    Nama'y jg anak-anak.

    BalasHapus
  25. @ To Waw An
    betul..betul..betulll.....kadang aku puyeng dengan ulah dan pikiran mereka. hi hi hi
    makasih ya dah mo mampir.

    BalasHapus
  26. anak anak..
    memang perlu penjelasan yang benar singkat tapi mudah dimengerti oleh mereka yaa...
    susah juga.
    harus siap siap nih kalo Dija mulai nanya yang aneh aneh nanti

    BalasHapus
  27. Om...aku mau juga diajarin Sholat...

    BalasHapus
  28. @ To Elsa :
    Makasih...banget dah mau mampir, aku sendiri emang sering kelabakan dengan pertanyaan lain yang bikin kernyitkan dahi. Tapi mo gimana lagi yang jelas aku setuju denganmu, mereka perlu penjelasan singkat dan sesuai dengan pola fikir dan pemahaman mereka.

    @ To Dija :
    Gubraak...Halllah....halaaaah.... Tante Elsa itu looo, jagonya sholat, jago ngaji, aku mah ga blum selevel ma dia, hi hi hi....
    Udah bisa apa kamu Dija sekarang ?? pipimu mu masih 'gembul' kah ??

    BalasHapus
  29. Terima kasih infonya, saya lagi mencari yang Jual Mukena Murah btw artikel yg bagus

    BalasHapus