Rabu, 14 September 2011

14 Hal Kriteria IDEAL milih rumah baru


Memilih Rumah Baru, ternyata ga semudah kita membalik tangan
penawaran pada pameran real estate, itupun kadang masih jauh dari jangkauan atau kemampuan kita, belum lagi hal-hal lain yang menjadi faktor pertimbangan kita dalam memilih rumah.

Perjalanan yang saya jalani hanya untuk memilih rumah, ga kerasa udah nyampe 2 bulan, muter sana muter sini, hanya pengen dapet lokasi yang tepat.

Giliran dapet lokasi yang tepat, jiaaaaaaaah....harganya kagak nyampe buat ukuran dompet kita, terlampau melambung tinggi. Kadang untuk menghibur sama Istri saat dijalan, kubilang sama dia : De....sebenarnya harga rumah itu murah kok, yang menjadi mahal bagi adalah karena 'kita kagak punya duit banyak' bila saja punya duit yang buaaaanyak...pastinya harga yang segitu bisa kebeli..."

Nah lantas apa prinsip sebelum kita memilih calon rumah baru ?
Dari hasil survey nyaris dua bulan, ternyata ada 14 hal KRITERIA IDEAL dalam kriterianya, yaitu :
1.
Lokasi upayakan yang 'Nol Jalan', artinya masuk kelokasi ga' jauh-jauh banget dari jalan raya, gate waynya keliatan dari jalan raya kurang lebih 50 M.
2.
Dekat dengan fasilitas sekolah anak-anak (TK, SD, SMP).
3.
Dekat dengan fasilitas kesehatan (PUSKESMAS, Poli Klinik, Atau Dokter Umum).
4.
Dekat sama Pasar Tradisional.
5.
Fasilitas PDAM bisa ngucur 24 penuh, kalo engga' kepaksa bikin tandon air.
6.
Ada jaringan listrik yang siap pasang, syukur dapet yang 1300 watt.
7.
Terlewati Jalur Transportasi umum, syukur-syukur deket sama terminalnya.
8.
Lihat mutu beton rumahnya (ideal bagi rumah baru untuk ikatan kolom beton
adalah 8 mm
- murni, bukan banci dan untuk 'kolom tegakan' 10 mm, ini bisa
dilihat pada saat pembangunan rumah di lokasi pekerjaan.
9.
C
ari Pengembang yang sediakan Sertifikat Hak Milik, Bukan HGB.
10.
Rangka genteng kalo bisa hendaknya galvalum, dengan ketinggian atap 4 m. Asumsi pemikiran akan lebih mahal saat perbaikan (harga kayu lebih mahal)
11.
Kalo Bisa cari perumahan yang letak pondasi rumah lebih tinggi dari permukaan jalan raya, karena pertimbangan 15 s.d 20 tahun kedepan terhadap resiko penurunan tanah. Ideal ketinggian rumah adalah 40 s.d 50 cm (sekalian kurangi resiko banjir nantinya).
12.
Bicarakan sama Pengembangnya terhadap uang cicilan dengan Bank yang sediakan fasilitas bunga bank yang flat.
13.
Tanyakan pada Pengembang terhadap 'Lokasi pemakaman' yang idealnya harus ada di sekitar perumahan tersebut (kampung sekitar), apakah mau menerima jenasah dari perumahan baru ini. Banyak pengembang perumahan yang tidak sediakan fasilitas ini.
Begitu ada salah satu warga yang meninggal, harus kembali pada lokasi / rumah tinggal sebelumnya dan ini kadang jarang ditanyakan atau disadari oleh para pembeli rumah baru dan pastinya akan merepotkan bagi keluarga yang tengah berduka cita.
14.
Yang terakhir adalah tentukan letak arah rumah, idealnya adalah menghadap ke Timur, jangan ke Barat, puanasss banget kayak punyaku yang sekarang.

Moga Share ini bisa bermanfaat bagi yang akan beli rumah baru.
Salam

22 komentar:

  1. detail banget Om, aku gak punya satu pikiran apapun haha, bukan porsiku sih :D.

    eh belum lebaran sama om ya aku, Minal Aidin Wal faidzin ya Om.. maaafin salah aku, semuanya :D

    BalasHapus
  2. Ups yang udah lama ngilang.... sibuk sama Camera Digitalnya ya...hi hi hi, ya deh aku juga af ya minta maaf ya Nul....

    BalasHapus
  3. wew...
    makasih om OB...
    bisa jadi bahan pertimbangan nih kayaknya...
    :)

    BalasHapus
  4. makasih referensinya, kak.. nice posting! ^^

    terutama soal letak, biasanya benar2 jadi pertimbangan, biar akses kemana-mana juga gampang yah.. :)

    BalasHapus
  5. Hei pa khabar, kemana aja kok jarang keliatan ?
    Ya Mas semoga itu bisa bermanfaat dan jadikan pertimbangan nantinya.

    Salam

    BalasHapus
  6. @ Buat : Ila Rizky Nidiana
    Sama-sama De, memang letak perlu kita pertimbangakan bener, kalo kemaren itu kuambil karena aku kepepet udah ga ada lagi jatah rumah yang kuambil.

    Makasih ya dah mau main ke BLog ini, temen-temen disini pada enak kok orangnya, main-mainlah kesini dan sapalah mereka.

    Salam

    BalasHapus
  7. Bener banget....dan yang paling penting Air, tetangga, tempat ibadah, lokasi yang tidak jauh2 dari kebutuhan kita sehari-hari begitu juga dengan anak2.

    BalasHapus
  8. @ Buat : IbuDini
    Betuuull....banget bunda, ditempat yang sekarang ini yang rencananya mo kita tempati, jiaaah... jauh ama masjid, mushola juga kagak ada. Mo minta sama Allah aja deh rejeki biar bisa bangun Mushola hi hi hi, amin.

    BalasHapus
  9. ya memang gak mudah kok. susah amat tuh cari rumah. saya juga lagi alami nih, pak

    BalasHapus
  10. @ Buat : Sang Cerpenis bercerita
    Bener Fanny, emang ga mudah, tapi syukur alhamdulillah aku dapet yang seperti itu cuman ngadepnya ke barat dan itupun tinggal atu, jadi karena 13 fasilitas yang kuperlukan itu ada, ya udah 'kepepet' kuambil aja kavling itu.

    Belum lagi kefikiran kalo ga kuambil sekarang dapat bocoran dari pengembangnya tiap catur wulan apa gimana dia akan selalu naik 6-7 %, ups ! makin berat aja beban ini nantinya.

    BalasHapus
  11. absen, salam kenal ok bgt ni info nya,, om, main2 jg ya ke http://www.tirtadarmantio.com/ n ud saya follow, di folback ya O_O

    BalasHapus
  12. Siaaap....! langsung ke TKP hi hi hi,
    thanks ya dah mau gabung sama temen-temen disini, aku langsung kesana ya.
    Salam

    BalasHapus
  13. @ Buat Sofyan :
    Sama-sama Mas, ada rencana mo ambil rumah juga ?
    Lokasi dimana ?

    BalasHapus
  14. terimakasi ats info nya OM, mampir juga ya ke http://belibajudiblog.blogspot.com/

    BalasHapus
  15. assalamu'alaikum Kang,
    syukurlah bagi-bagi tips yang baik dalam mencari tempat tinggal, karena dia akan menjadi bagian dari hidup kita bahkan bisa jadi bati jannati rumahku surgaku.

    yang susah ngeceknya adalah bahan bangunan sesuai standart apa enggak, apalagi kalo rumah yang kita dapatkan sudah jadi. Terpenting lagi adalah SHM, karena ngurus sendiri surat yang satu ini butuh proses yang lama dan ndak gampang.

    Semoga artikelnya mmemberikan banyak kemanfaatan bagi kita semua

    BalasHapus
  16. @ Buat : Beli Baju
    sama-sama, moga bermanfaat buatmu, oke aku langsung ketempatmu.

    Salam

    BalasHapus
  17. @ Buat : Djangan Pakies
    Benar Mas, makanya sebelum kita pastikan buat beli, kita harus main langsung ke lokasi, buat ngecek mutu semen juga besi kolomnya.

    Tentang SHM, ya seperti saranku diatas, carilah Pengembang yang tunggal, itu akan lebih mudah administrasinya dan harus dia yang sanggupi SHM nya bukan kita yang ngurus.

    Moga penjelasan ini bisa bermanfaat.
    Salam

    BalasHapus
  18. ya banyak yg ga suka ngadep barat ya, pak. katanya kalo dijual rada susah laku kalo ngadep barat.

    BalasHapus
  19. @ Buat : Sang Cerpenis bercerita
    Iya Fany, benar, tapi itu harus kita siasati bisa dengan greenwall atau tanem tanaman yang teduh, ngadep kemanapun kita rasanya harus cerdas siasati hal itu.

    Makasih udah nyempetin nulis disini, sukses buat kerjaanmu ya De.

    Salam

    BalasHapus
  20. @ Buat : Sang Cerpenis bercerita
    Iya Fany, benar, tapi itu harus kita siasati bisa dengan greenwall atau tanem tanaman yang teduh, ngadep kemanapun kita rasanya harus cerdas siasati hal itu.

    Makasih udah nyempetin nulis disini, sukses buat kerjaanmu ya De.

    Salam

    BalasHapus
  21. @ Buat : Sang Cerpenis bercerita
    Iya Fany, benar, tapi itu harus kita siasati bisa dengan greenwall atau tanem tanaman yang teduh, ngadep kemanapun kita rasanya harus cerdas siasati hal itu.

    Makasih udah nyempetin nulis disini, sukses buat kerjaanmu ya De.

    Salam

    BalasHapus