Kamis, 22 Desember 2011

gagal transfer ATM






sumber foto : search.google

Pengalaman ini bikin deg - deg'an 
begitu yang kubaca tulisan di ATM : gagal transfer, trus struk ga keluar..... jiiiaaaaahhh terlebih begitu cek saldo sudah kedebet terkurangi 10 juta, puyeng_banget.com !.

Tolaaaah...toleeeeeh...ga' jelas
balik lagi ngeliat ATM, coba lagi berharap ada perubahan, tetep aja ga' ngaruh, duit padahal diperlukan hari itu juga buat tambahan uang muka rumah.

Lemessss dah !
Uang hasil tabungan selama 10 bulan jadi ga jelas rimbanya, GPL (ga' pake lama) langsung tanya ke bank tsb 'kenapa jadi begitu', tapi dengan ramahnya mereka bilang nanti akan kita urus dan buatkan laporannya ke pusat, silahkan tunggu maksimal 75 hari kerja, jiaaaaaaah....

GPL juga, langsung ke bank satunya (asal uang), ga peduli padat lalu lintas, sikaaat ! diotak yang kefikiran cuman gimana cara 'nylametin tuh duit tabungan apakah yang kedebet itu bener ? ternyata bener udah susut 10 juta. tuiiiingggggg ....tuingggg.....

Telisik punya telisik, 
ternyata itu semua akibat dari hujan deres serta ada kilat, dengan demikian berpengaruh error pada sistem ATM nya (apa mungkin karena pengaruh gelombang elektromagnetik si kilat tadi ya...?). Tapi kata bank (asal uang), uangnya ga hilang hanya perlu proses, tapi kalimat itu beneran masih ga nyaman buatku, aku butuh kepastian, dan kalo udah balik lagi kereningku itu baru lega (bahasa orang ga punya duit ya kayak gini, hi hi hi).

Nah gimana cara cepet agar tuh uang balik ? tanyaku, dia minta aku buat laporan tertulis, trus di fac ke kantor pusat tentang error link ATM. 

Masih belum puas, tanya lagi : kapan selesai urusan ini dan kepastian uang kembali masuk ke rekening, beliau bilang dengan santun diupayakan secepatnya, hari ini akan langsung kita kirim surat ini ke Pusat, khan batas waktu pengaduan = 1 x 24 jam, padahal khan baru 1 jam tooo...,  sambil manggut manggut ga jelas, berdoa dan berharap : Ya Allah....warna apa lagi ini ?

Ternyata untuk ngurus akibat hal sepele diatas, sungguh ribet dan bikin nervous, kita harus aktif ke bank itu, beneran tiap hari phone kalo ga ya nyempetin datang ke bank itu tanya perkembangan kejelasannya.

Jarak 1 minggu titik kejelasan sudah ada, bank yang di transfer sudah temukan jejak : benar kalo ada 'gagal transfer' dan hari ini uang akan kembali dikirim ke bank sebelumnya, alhamdulillah hari ini sudah masuk ke rekening, urusan 'realisasi rumah kembali berjalan normal'.

Semoga pengalaman ini bisa menjadi pembelajaran semua dan agar hati-hati saat transfer uang via ATM saat hujan deres sangat beresiko terlebih bila angkanya besar. (saranku jangan lakukan bila lagi hujan deres). Mending pakai cara transfer manual : ada bukti & terkirim aman, itu pendapatku.


Salam

49 komentar:

  1. semoga uangnya bisa kembali ya mas...
    :)

    BalasHapus
  2. @ Buat zone :
    Udah kok Mas alhamdulillah hari ini sudah masuk dan balik 'kehabibat' lagi, hi hi hi

    BalasHapus
  3. sepertinya kita punya pengalaman yg sama mas,,malah awalnya saya iseng waktu hujan berteduh di pinggiran barisan atm yg agak gede,, nah iseng2 nunggu hujan reda ,,masuk ke bilik atm,,maksud hati mau isi pulsa nominal 100rb di mesin atm,, hujan sdg gede2nya plus petir,, sdh sy lakukan pembelian di atm bca tsbt,, kok gak muncul2..padahal saldo sdh berkurang...beberapa hari kemudian sekalian ngurus ganti buku skalian sy tanya ttg tdk terkirimnya pulsa,, dan jawabannya ya sama seperti kasus mas,,

    BalasHapus
  4. hooooh? horror! ikut deg degan! semoga prosesnya bisa lebih dipercepat dan segara kembali nominalnya. amin...

    BalasHapus
  5. kalo saya sih biasanya ngirim duit pake amplop mas.. misalnya saya pergi ke sebuah acara pesta, trus kudu ngirim duit sama yang ngadain pesta,nah saya masukan aja tuh duit ke dalam amplop trus saya kasih sama orang yang ngadain pesta itu. lebih aman keknya

    BalasHapus
  6. @ Buat al kahfi :
    iya mas, artinya kalo melihat kasus yang sama seperti ini smoga para penyedia jasa, punyai langkah preventiv biar ga terjadi pada nasabahnya

    BalasHapus
  7. @ Buat Annesya :
    udah balik kok uangnya, berarti bobo ku bisa nyaman ntar malem

    BalasHapus
  8. @ Buat bintangwina :
    hi hi hi, ini lain ceritanya De, ini transfer antar bank karena kufikir bawa duit gede gitu khan riskan, maka kulakukan itu, jiaaaaah...malah nyangkut ga jelas.

    BalasHapus
  9. haha, gue belum punya atm, rekening bank aj gue ga punya #orangmiskin, kehilangan uang segitu sih buat gue gila 10taun

    BalasHapus
  10. sepertinya pengalaman kita hampir sama sobat masalah ATM,, dulu awalnya saya buat ATM waktu penarikan uang pertama kartu ATM saya tertinggal di dalam mesin ATM, entah kenapa waktu saya menarik kartunya rasa begitu sulit,, mungkin efek grogi pertama kali menggunakan ATM...

    semoga uang di ATM sobat bisa kembali sob...

    BalasHapus
  11. @ Buat joe Rizky :
    Jiaaaaaah...paling bisa dah si abang atu ini.... hi hi hi

    BalasHapus
  12. @ Buat Asis Sugianto :
    wk wk wk....amiiin, ada ya efek 'grogi' jadi nyangkut dah ATMnya

    BalasHapus
  13. O...baru tahu kalau ternyata hujan deras itu berpangaruh terhadap transfer via ATM ya, Pak. Bagaimana kalau penarikan tunai, apakah berpengaruh juga?

    Yang pernah saya alami, transfer dari BCA ke BRI, gagal sampai pindah ke 3 ATM. Juga transfer dari BCA ke BNI, gagal. Entah karena apa, saya nda begitu paham, tapi alhamdulillah saldo tidak berkurang.

    Akhirnya keesokan harinya datang langsung ke BNI, setor tunai.

    BalasHapus
  14. hahahah.. maklum sobat pertama kali dan grogi jadi nyangkut dech tuh ATM...

    BalasHapus
  15. pasti balik koq mas...tapi memang butuh waktu, krn hrs ditangani dr bank pusat...aku pernah ngalamin jg hal seperti itu.. :)
    jd, dirimu ga sendiri hihihi

    BalasHapus
  16. oya, tp dulu gagalnya transfer bukan diakibatkan oleh hujan deras atau faktor alam lainnya..
    wkt itu krn mesinnya aja yg gi ga mood kali hehehehe

    BalasHapus
  17. Kadang-kadang, yang manual lebih baik daripada serba mesin ya mas... :D

    BalasHapus
  18. wahhh syukuurlah kembali..
    pasti dag dig dug kan waktu tiba2 gagal~ eh uangnya udah gak tahu kemana..

    satrioo.. dapat Award dariku nih :) diterima yaaa http://nurmayantizain.blogspot.com/2011/12/award-berantai-your-blog-makes-us-smile.html

    BalasHapus
  19. datang lagi nih sobat,,,, happy blogging sobat,, ada post terbaru di blog saya sobat....

    BalasHapus
  20. uwaaaahhhh rindunya dengan instrumen musik ini.... Kitaro kan...

    BalasHapus
  21. Ngeri euy... tapi Alhamdulillah kembali duitnya bang. dan sepertinya saya tahu bank apa itu, hahahah... gak penting yah sy nebak. soale cumaan bank itu yg kayaknya paling bagus soal sop pelayanannya ;)

    BalasHapus
  22. datang lagi nih sobat menyapa sobat... sambil menunggu postingan terbaru...

    BalasHapus
  23. Yang sbar ya sobat,.
    mga cpt balik ya,..

    knjungan balik ya ke blog sya,.

    dan mnt follownya,..
    :D

    BalasHapus
  24. kalau anak muda yang benar benar muda dan masih alay, masalahnya ya sperti itu, tapi bukan bank, pulsa.
    ngisi pulsa 10.000 saja, tapi sampe 2 hari ndak nambah nambah pulsanya padahal kocek sudah terogoh...
    yaaa... itu adalah pengalaman untuk pambil hikmahnya

    BalasHapus
  25. bahaya juga yah kalau sampai uang 10 jetinya gak kembali,love,peace and gaul.makasih atas sharenya.

    BalasHapus
  26. @ Buat Abi Sabila :
    Kalo aku : dengan pengalaman itu penarikan tunai pun rasanya 'enggak' lah sebab kufikir jangan-jangan ATM rentan terhadap gelombang elektromagnetiknya petir. Mendingan aku baca koran dulu sambil tunggu cuaca normal baru tarik tunai Mas.

    BalasHapus
  27. @ Buat Mas Asis Sugianto :
    wah..kenapa sama ya, aku juga grogi,begitu punya ATM baru, ngeliat cardnya yang mengkilat aja jiaaaah...udah grogi, keren amat, hi hi hi

    BalasHapus
  28. @ Buat windflowers :
    ternyata ada temennya, kirian sendirian alami hal begitu. Thanks ya udah ditemenin, jiaaaaaaah....apa coba,hi hi hi...

    BalasHapus
  29. @ Buat Mbak DewiFatma :
    iya mbak, yang manual memang lebih aman dan selisih waktunya juga beda tipis, mereka juga profesional dan cepat kok dan dengan fakta itu aku lebih percayai yang manual.

    BalasHapus
  30. @ Buat Mbak Nurmayanti Zain :
    Iya MBak, pastinya nervous buktinya hampir semingguan kefikiran terus, bobo juga ga nyaman, bukannya apa itu uang sangat diperlukan dengan hari yang terbatas juga nilainya buatku sangat-sangat besar karena hasil 'sisihkan-paksa' gaji sebulan dari waktu nyaris 1 tahun.

    Weeeiii, makasih ya udah dikasih award coba langsung ke TKP ya, bonus indah setelah liburan sesaat, sekali lagi terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta jawaban donk.saya transfer uang dr atm bri ke bank bri juga.niat mo kirim uang buat ema dikmpung.sy nitip transfer ke tetangga yg punya rek.waktu sy transfer transaksi sudah jelas2 berhasil.tp knp tetangga sy bilang blm masuk2 juga yh.udah seminggu.mnta jawabnnya biar sy bisa tenang.maklum sy orng awam.

      Hapus
  31. @ Buat Mas Asis Sugianto :
    Oke Mas, langsung ketempatmu ya... tak lihatnya postingan itu

    BalasHapus
  32. @ Buat bintangwina :
    benar mbak dia Kitaro, aku favorit dengan musik yang beginian.

    Pa Khabar dirimu dan Keluargamu, semoga semuanya pada sehat.

    BalasHapus
  33. @ Buat Cyaam :
    Alhamdulillah udah kembali dan kata temen-temen lain di kantor, wah mas...kok bisa cepet baliknya ? hebat juga mereka.

    BalasHapus
  34. @ Buat Mas Rio Pratomo :
    udah kembali kok mas, malah lebih cepat dari yang kuperkirakan, tapi deg...deg'an dan nervousnya itu lho, hi hi hi.

    Makasih udah sempetin mampir dan tinggalkan jejak komenmu, salam.

    BalasHapus
  35. @ Buat Mas fauzan10 :
    hi hi hi, berasa juga kalo ampe 2 hari ga jelas pulsanya, mana keperluan khan kadang ga bisa nunggu.

    Makasih ya udah mampir.

    BalasHapus
  36. @ Buat saryadi nilan :
    Weiii kemana aja baru kelihatan, lagi banyak kerjaan ya ? yang penting itu moga dirimu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT, amin.

    Salam

    BalasHapus
  37. iya iya, banyak tuh gagal transfer, tapi saldo berkurang.
    harus hati hati
    jangan lupa baca bissmilaah kalo mau transfer
    hehheheeee

    BalasHapus
  38. @ Buat Elsa...
    inggih Ibu eh...Mbak..., suwun ya, oleh - oleh wonosobo manaa ?? wk wk wk

    BalasHapus
  39. itu tuh yang saya takutin klo punya kartu atm, sekalinya bener boros banget dimana berada dikit-dikit gesek :D

    BalasHapus
  40. @ Buat Herry :
    he egh bener juga ya, kadang kita nya ga bisa kontrol diri dan kebablasan.

    Makasih udah mampir ke blog ini.
    salam

    BalasHapus
  41. ya kdg atm itu bikin pusing. tapi kalo pake manual, repot juga. kan sering kena charge tuh

    BalasHapus
  42. Buat Sang Cerpenis bercerita :
    habis mo gimana ya Fanny, deg deg an nya itu ampe kita dibuat nervous beberapa hari, yang penting aman dan nyaman walo emang kita harus keluarkan uang untuk itu.

    Makasih ya udah sempetin mampir diantara kesibukanmu - salam

    BalasHapus
  43. nasibnya duit di sini apa kabar eeeaaa??? *penasaran*

    BalasHapus
  44. Wah ngerinya...
    Sukurnya segera ada kepastian tentang dimana keberadaan uangnya yah. :)

    BalasHapus
  45. ada yang tau ga? saya kan transfer uang kemandiri dari muamalat tapi sudah 3 hari ini uangnya blm sampai ke mandiri. saya transfer secara manual. tolong infonya ya?

    BalasHapus
  46. Sama sob,
    pengalaman buruk juga terjadi,
    saran saya, jangan transfer melalui ATM jika:
    1. kondisi sekitar ATM hujan, apalagi Hujan deras + petir.
    2. posisi hari itu libur (sabtu minggu) atau libur nasional.
    kenapa? karena hari libur sering dipakai untuk maintenance (server?)
    3. jangan transfer melalui ATM antar bank (link, atm bersama, dll)
    sebab kalau error transfer, bisa main tunjuk-tunjukan
    antara bank asal, 3rd party (link, atm bersama, dll) dgn bank tujuan.

    sekian share nya..

    BalasHapus
  47. bodoh....,spa srh trnsfer gk liat dul saldo cukp ap gk!!,

    BalasHapus
  48. Maaf sy tnya ya kok sya ngrim uang lwt m bngking gagal ya, tp saldo sudah kedebet dh kesedot pdhal kn gagal pngrimny trimzz

    BalasHapus