Jumat, 02 Desember 2011

Keutamaan Hari ke 10 Asyura (10 suro)

sumber foto : Pbase.com - Manuel Libres Librodo Jr.

ass.wr.wb
Mo cerita saja
sekaligus ingatkan diri sendiri juga bagi saudaraku Muslimin & Muslimat
tentang 'KEUTAMAAN HARI KE 10 BULAN ASYURA.


Kenapa hari ke 10 Asyura menjadi penting ?
dari riwayat yang ada, pada hari itu Allah ciptakan Langit, Laut dan Bumi, dan itu akan jatuh pada Selasa, 6 Desember 2011.

Keistimewaan hari ke 10 Asyura, diantaranya adalah :

Dari Ibnu Abbas ra berkata Rasulullah saw pernah bersabda :
" Barang siapa yang berpuasa pada hari Asyura (10 Muharram) maka Allah Swt akan memberi kepadanya pahala 10 ribu malaikat. Dan barang siapa yang berpuasa pada hari Asyura (10 Muharram) maka akan diberi pahala 10 ribu orang berhaji dan berumrah, dan 10 ribu pahala orang mati syahid "


" Dan barang siapa yang mengusap kepala anak-anak yatim pada hari tersebut maka Allah Swt akan menaikkan dengan setiap helai rambutnya dengan satu derajat. Dan barang siapa yang memberi makan kepada orang yang berbuka puasa pada orang mukmin pada hari Aasyura, maka seolah-olah dia memberi makan pada seluruh ummat Rasulullah saw yang berbuka puasa dan mengenyangkan perut mereka".

Para sahabat bertanya Rasulullah :
" Ya Rasulullah, adakah Allah telah melebihkan hari Asyura daripada hari-hari lain? ".
berkata Rasulullah :
" Ya, memang benar, Allah Ta'ala menjadikan langit dan bumi pada hari Asyura, menjadikan laut pada hari Asyura, menjadikan bukit-bukit pada hari Asyura, menjadikan Nabi Adam dan juga Hawa pada hari Asyura, lahirnya Nabi Ibrahim juga pada hari Asyura "


Dan inilah peristiwa dahsyat yang terjadi di hari ke 10 Asyura :
  • Allah juga menyelamatkan Nabi Ibrahim dari api juga pada hari Asyura.
  • Allah menenggelamkan Fir'aun pada hari Asyura.
  • Allah sembukan penyakit Nabi Ayyub pada hari Asyura.
  • Allah menerima taubat Nabi Adam pada hari Asyura.
  • Allah mengampunkan dosa Nabi Daud pada hari Aasyura, Allah mengembalikan kerajaan Nabi Sulaiman juga pada hari Aasyura.
Dasar anjuran Puasa Sunah.
Hadits yang Pertama :
عن ابن عباس رَضِيَ اللَّهُ عَنهُ أن رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّم صام يوم عاشوراء وأمر بصيامه. مُتَّفّقٌ عَلَيهِ

Dari Ibnu Abbas r.a : “Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berpuasa pada hari ‘Asyura dan memerintahkan untuk berpuasa padanya”. (Muttafaqun ‘Alaihi).

Hadits yang Kedua :
عن أبي قتادة رَضِيَ اللَّهُ عَنهُ أن رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّم سئل عن صيام يوم عاشوراء فقال: ((يكفر السنة الماضية)) رَوَاهُ مُسلِمٌ.

Dari Abu Qatadah r.a : " bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya tentang puasa hari ‘Asyura. Beliau menjawab, “(Puasa tersebut) Menghapuskan dosa satu tahun yang lalu”. (HR. Muslim)

Hadits yang Ketiga :
وعن ابن عباس رَضِيَ اللَّهُ عَنهُما قال، قال رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّم: ((لئن بقيت إلى قابل لأصومن التاسع)) رَوَاهُ مُسلِمٌ.

Dari Ibnu Abbas r.a : “ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Apabila (usia)ku sampai tahun depan, maka aku akan berpuasa pada (hari) kesembilan” (HR. Muslim)

Rasulullah saw ditanya tentang puasa pada hari ‘Asyura, beliau menjawab :
'Menghapuskan dosa setahun yang lalu’, ini pahalanya lebih sedikit daripada puasa Arafah (yakni menghapuskan dosa setahun sebelum serta sesudahnyat).

Bersamaan dengan hal tersebut, selayaknya seorang berpuasa ‘Asyura (10 Muharram) dan Tasu’ah (9 Muharram).

Hal ini karena Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Apabila (usia)ku sampai tahun depan, maka aku akan berpuasa pada yang kesembilan’, maksudnya berpuasa pula pada hari Tasu’ah.


Smoga bermanfaat - wass. wr.wb.

36 komentar:

  1. nasihat dan pencerahan yg bagus....
    naice post om OB...
    :)

    BalasHapus
  2. @ Buat zone :
    sama-sama mas, makasih udah mau mampir

    BalasHapus
  3. berkunjung, waah makasih sharenya, sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  4. subhanallah....
    iya bener, ada yang bilang 10 asyura itu hari raya nya anak yatim.

    BalasHapus
  5. ternyata banyak kisah di balik tanggal 10 syuro.

    BalasHapus
  6. @ Buat @yankmira :
    sama sama mbak, dan terima kasih udah mau berkunjung ke Blog sini, banyak temen-temen disini yang juga berikan manfaat yang oke mbak

    Salam

    BalasHapus
  7. @ Buat Elsa :
    tolong ya De, berikan sesuatu pada Dija dan tolong wakilkan rasa sayangku dengan mengusap lamaaa banget di kepalanya, beneran ya de...seandainya dia disini, ingin sekali bisa lakukan itu.

    Terima kasih sebelumnya - Salam

    BalasHapus
  8. @ panduan belajar blog :
    Iya Mas, ternyata banyak dan sungguh dahsyat
    tks ya udah mampir

    BalasHapus
  9. Ternyata masih ada beberapa kisah lain yg belum kutau tentang Asyura ini.... mari sama2 kita berpuasa di 10 muharram nanti sob.. :D

    BalasHapus
  10. pasti bermanfaat banget mas... tengkyu share-nya ya..

    BalasHapus
  11. @ Buat DJ Site :
    alhamdulillah kita semua telah ditunjukkan kutamaan hari ke - 10 asyura ini mas.

    makasih udah mau mampir.
    salam

    BalasHapus
  12. @ Buat Meidy
    ternyata banyak ya Meidy manfaat hari ke 10 asyura ini, sama-sama aku juga makasih kamu dah mau mampir ke blog ini.

    Salam.

    BalasHapus
  13. share yang sangat bagus mas, senang membacanya, ada tambahan baru lagi.

    wassalam

    BalasHapus
  14. Terima kasih pengingatnya, Pak. Insya Allah hari ini puasa, dan benar bahwa untuk membedakan kita dengan puasanya kaum Yahudi, maka tambahkan sehari sebelum atau sesudah tanggal 10.

    BalasHapus
  15. Jadi tahu maknanya Pak...meskipun saya bukan muslim, saya jadi ngerti maksudnya.

    BalasHapus
  16. mas cepet sembuh yaaaaa :)

    BalasHapus
  17. @ Buat Route Life :
    alhamdulillah bila pesan itu bisa bermanfaat bagimu. Tks ya udah mo nulis disela kesibukannmu

    Salam

    BalasHapus
  18. @ Abi Sabila :
    Benar, dan itu lah tuntunan yang Beliau - Rasulullah saw sampaikan untuk kebaikan kita semua.

    Makasih udah mau mampir ke tempatmu, tanya mas,,, tiap aku mo tinggalkan pesan ditempatmu kenapa ga bisa ya ?

    Bagaiamana dengan khabar si kecil juga dirimu, apa kesibukanmu sekarang ?

    Salam

    BalasHapus
  19. @ Buat Itik Bali :
    Apapun yang Allah ciptakan dengan beraneka ragam budaya adalah untuk saling dihargai, dimaknai, saling dihormati.

    Dengan perbedaan yang ada pada kita, minimal ada makna dan wacana yang bisa kita ambil dari sana sebagai pembelajaran hidup.

    Banyak kok temenku yang juga memberlakukan aku sebagai saudara di Tanah lahir mu ini dan sungguh aku senang bertemen dengan kalian semua.

    Salam buat pacar ya, xi xi xi...

    BalasHapus
  20. @ Buat Annesya :
    ups, makasih ya, tahu dari mana kalo aku lagi sakit. jadi terharu eh....

    Ternyata betul prediksiku, bahwa kau sosok putri yang baik juga care terhadap sesama, Nesya banget... gitu looooooooo, xi xi xi.

    Salam

    BalasHapus
  21. Amiin, semoga bisa mendaptkan segala fadhlilat puasa di hari Tasu'a dan assyura...

    BalasHapus
  22. @ Buat Ririe Khayan :
    Amin, Rie...., makasih dah tinggalin komen

    BalasHapus
  23. makasih atas artikelnya guna banget biar tambah mempertebal keimanan kita,love,peace and gaul.

    BalasHapus
  24. @ saryadinilan :
    halooooooo...baru keliatan,,,oleh 2 nya mana ? xi xi xi

    BalasHapus
  25. walah.... harusnya saya puasa hari ini mas... sayang banget blm bisa, masih cuti shalat dan ga boleh puasa.

    thanks for this very informative info ya mas....
    bagi yang menjalankan puasa hari ini (Asyura), semoga mendapatkan pahala dan berkah seperti yang telah dijanjikan Ilahi, amiin.

    Btw, mas Satrio puasa ga nih? :-) pastinya iya dunk?

    BalasHapus
  26. @ Alaika :
    hi hi hi aku juga belum bisa, perutku masih belum stabil juga 'gliyeng' di kepala yang masih bergelayut.

    BalasHapus
  27. @ Buat Feat Everyone :
    makasih, amin.....

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah.. terlewati dengan lancar ^_^

    trimakasih sharenya Om, terus sekrang kan uda tanggal 7, kok masi aja tanggal 2 :D, kasih ke kucing aja blognya biar di makan :p

    BalasHapus
  29. waah..kmrn mas puasa dong...hehe

    BalasHapus
  30. @ Khusnul Khotimah :
    Nul, tak weeessss lho, emang pindang kasih ke kucing, aseeem tenan ! hi hi hi

    BalasHapus
  31. @ Buat windflowers
    puasa ga mba' kemaren ?

    BalasHapus
  32. @ Buat Elsa :
    tolong ya De, berikan sesuatu pada Dija dan tolong wakilkan rasa sayangku dengan mengusap lamaaa banget di kepalanya, beneran ya de...seandainya dia disini, ingin sekali bisa lakukan itu.

    @ Pak Satrio:
    Subhanallah.... aku kok jadi sedih ya Pak...

    BalasHapus
  33. @ Buat Elsa :
    duuuh maaf aku ga tahu kalo ampe segitunya, maaf ya Elsa, beneran maaf !

    Ya udah yang terpenting khan ada muatan 'niat' buatnya, Allah Maha Tahu kok.

    Hati-hati dijalan selama perjalananmu yang jauh itu

    BalasHapus